a. Pendahuluan

Program Keahlian Animasi SMKN 1 Boyolangu dibuka pada tahun ajaran 2006-2007. Pertimbangan dibukanya program keahlian Animasi(ANIMASI) di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung saat itu karena  memperhatikan latar belakang berikut ini :

  1. Perkembangan industri kreatif di dunia terutama di bidang ANIMASI begitu pesat sehingga membutuhkan banyak tenaga yang memiliki kompetensi di bidang animasi
  2. Lulusan SMP baik negeri dan swasta masih memerlukan daya tampung dan keahlian di bidang ANIMASI sebagai bekal untuk bekerja nanti setelah tamat jenjang pendidikan sekolah menengah atas.
  3. Di Kabupaten Tulungagung belum ada SMK yang membuka jurusan ANIMASI
  4. Di Tulungagung masih sedikit orang-orang yang ahli di bidang ANIMASI untuk kepentingan dunia jasa & industri
  5. Dengan pertimbangan tersebut tentu saja dibutuhkan SDM ANIMASI yang mumpuni dibidang tersebut, sesuai dengan kebutuhan pasar kerja yang sesuai dengan standar kompetensi nasional dan internasional.

 

b. Sistem Pendidikan

Mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi dengan berbasis pengembangan karakter siswa (IMTAQ) dan  mengembangkan ilmu pengetahuan teknologi, seni (IPTEKS) serta bekerjasama dengan dunia usaha dan dunia industri yang berhubungan dengan Animasi

 

c. Tujuan Pendidikan

  • Menghasilkan tamatan yang berkompetendi bidang pembuatan film animasi, pembuatan iklan dan video klip animasi, desainer karakter, video editor, desainer grafis, dan pembuatan bjek dengan software 3 Dimensi
  • Memiliki keahlian dalam bidang Animasi dan perfilman yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, dunia usaha dan dunia industri
  • Memiliki karakter dan kepribadian yang tangguh, pantang menyerah, optimis, dinamis serta memiliki daya kreatif dan inovatif yang menghasilkan Animasi yang kompetitif demi mendukung pelayanan dan pengembangan  Animasi
  • Menumbuhkembangkan kemampuan dan kemandirian dalam berwirausaha dibidang usaha Animasi, desain grafis, video editor, desain karakter, dan usaha lain yang sebidang.

 

d. Profil Kompetensi

  1. Siswa mampu membuat karya film Animasi, iklan, video klip animasi baik 2D maupun 3D
  2. Siswa  dapat membuat skenario film
  3. Siswa mampu membuat story board film
  4. Siswa menguasai software animasi 2D dan 3D
  5. Siswa menguasai software editing video dan audio
  6. Siswa menguasai teknik manipulasi foto, video dan audio
  7. Siswa menguasai teknik desain grafis
  8. Siswa mampu membuat karakter manusia, binatang dan tumbuhan secara 2 Dimensi  dan 3Dimensi
  9. Siswa mampu membuat objek bangunan gedung, rumah, secara 3D dengan software 3Dimensi

 

e.Kerja Sama

  • Prodi Animasi Jurusan Seni & Desain Universitas Negeri Malang
  • Kdeep Studio Animasi Malang
  • Over Do studio malang
  • Dhoho TV Kediri
  • CV Tristar Surabaya
  • Anugrah Jaya Abadi Advertising Tulungagung

 

f. Fasilitas

  • Ruang Laboratorium ANIMASI
  • Jaringan internet / hot spot area
  • Unit Produksi Animasi (kerjasama dengan bussines center)

 

g. Peluang Kerja

  • Perusahaan Animasi
  • Stasiun Televisi
  • Periklanan
  • Rumah produksi
  • Arsitektur
  • Percetakan
  • Wirausaha mandiri dibidang animasi, editing video, desain gravis, pembuatan objek gedung, rumah, binatang dan tumbuhan secara 3D