Kualitas Lulusan Rendah, SMK Butuh Bebenah

By 31 Jan 2017, 22:38:34 WIBSekitar Kita
Kualitas Lulusan Rendah, SMK Butuh Bebenah

JAKARTA - Pemerintah sedang fokus dalam upaya revitalisasi pendidikan vokasi. Tak hanya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), hal ini juga menjadi perhatian bagi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko-PMK).

Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama Kemenko-PMK, Agus Sartono mengungkapkan, pihaknya juga melakukan koordinasi lintas kementerian, termasuk dengan industri. Tujuannya, yakni untuk meningkatkan kualitas lulusan SMK.

"Tantangannya setiap tahun ada 3,3 juta lulusan SMK. Dari jumlah tersebut, hanya 1,7 juta lulusan yang lanjut masuk ke perguruan tinggi," tuturnya dalam konferensi pers Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan, belum lama ini.

Agus menjelaskan, dalam lima tahun terakhir lulusan SMK tersebut tidak menunjukkan peningkatan kerja. Sedangkan pendidikan lanjutan vokasi, yakni di tingkat politeknik juga belum memuaskan.

"Jadi tidak cukup hanya meningkatkan kualitas SMK, tapi juga meningkatan kapasitas pendidikan di atasnya," ucapnya.

Revitalisasi pendidikan vokasi sendiri, mencakup kesesuaian kurikulum dan proses magang siswa. Sedangkan Sekjen Kemdikbud, Didik Suhardi menambahkan, pendidikan vokasi selain SMK juga ada kursus-kursus yang juga butuh perhatian.

"Di kementerian roadmap revitalisasi ini sudah disusun oleh tim. Ada juga satgas yang melibatkan kementerian terkait," tandas Didik.

(sus)

Sumber : okezone.com